tpq dan madin

 

PROFIL TPQ DAN MADIN AL IKHLAS SUKAWATI

Lembaga Pendidikan TPQ Al-Ikhlas Sukawati mulai didirikan sejak Tahun 1989 yang bertempat di teras rumah kost, namun karena perkembangan urbanisasi / pendatang semakin besar, maka proses pendidikan TPQ Al-Ikhlas Sukawati setiap tahun mengalami perubahan yang sangat signifikan.

Didirikannya TPQ Al-Ikhlas Sukawati membawa misi yaitu ikut serta membantu program pemerintah mencerdaskan kehidupan Bangsa dan membentuk akhlak yang baik bagi anak –anak sejak usia dini yang sesuai dengan ajaran agama Islam dan Sunah Nabi, dengan harapan nanti menjadi orang yang berbudi luhur dan berakhlak mulia, agar nantinya dapat menjadi contoh dan suri tauladan pada yang lain.

Dalam upaya mewujudkan hal tersebut di atas maka kami berupaya mengadakan penggalian dana, dengan harapan terwujudnya proses belajar mengajar yang dinamis sehingga bisa menghasilkan generasi yang memiliki karakter, watak dan kepribadian yang berlandaskan iman dan taqwa serta nilai-nilai akhlak atau budi pekerti yang luhur.

Alhamdulillah sejak tahun 1995 umat muslim di Sukawati sudah bisa membangun Musholla Al-Ikhlas, sehingga proses belajar mengajar TPO Al-Ikhlas Sukawati bertempat di dalam Musholla.

 Hingga saat ini TPQ dan Madin Al Ikhlas memiliki 235 santri yang terbagi dari 6 kelas di tingkat TPQ 1 hingga 6 dan  tingkat Madin yang terdiri dari 4 kelas mulai dari Madin 1 sampai 4.

Metode pembelajaran di TPQ dan Madin Al Ikhlas Sukawati mengadopsi kurikulum umum yaitu dari kementrian agama 50% dan metode pondok pesantren 50% dengan tenaga pengajar sebanyak 12 orang dan waktu pembelajaran dimulai pukul 15.30 hingga 17.30 wita setiap harinya dan hari minggu di liburkan.

Target yang ingin di capai adalah terwujudnya pendidikan Al Qur’an di TPQ Al-Ikhlas Sukawati, sehingga nantinya dapat mencetak generasi yang memiliki nilai – nilai akhlak yang mulia dengan landasan Al Qur’an dan Hadits Nabi agar menjadi  manusia yang beriman dan bertaqwa pada Alloh SWT.










tpq dan madin tpq dan madin Reviewed by admin on September 06, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar