HIKMAH MEMBACA SURAT AL KAHFI PADA HARI JUMAT

 

Foto by google

Membaca surah Al-Kahfi di malam atau hari Jumat termasuk perkara yang sangat disunnahkan dan dianjurkan bagi seluruh kaum muslimin, baik laki-laki maupun perempuan. Kesunnahan membaca surah Al-Kahfi ini dimulai sejak terbenamnya matahari di hari Kamis hingga terbenamnya matahari di hari Jumat. Apa hikmah membaca surah al-Kahfi di hari Jumat?

Berdasarkan beberapa hadis, terdapat beberapa keutamaan yang akan didapatkan oleh seseorang yang membaca surah Al-Kahfi di hari Jumat, di antaranya adalah perbuatan dosa yang dilakukan antara dua Jumat diampuni oleh Allah. Ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Abu Bakar bin Mardawaih, dari Abdullah Ibnu Umar, bahwa Nabi Saw bersabda;

Barangsiapa yang membaca surat Al–Kahfi di hari Jumat, maka ia akan diterangi cahaya dari bawah kakinya hingga ke langit pada hari kiamat, dan diampuni dosanya di antara dua Jumat.

Selain memiliki keutamaan, membaca surah Al-Kahfi di hari Jumat juga memiliki hikmah khusus. Menurut para ulama, setidaknya ada dua hikmah terkait anjuran membaca surah Al-Kahfi di hari Jumat.

Pertama, di dalam surah Al-Kahfi banyak disebutkan mengenai keadaan dan kejadian hari kiamat, dan hari kiamat nanti akan terjadi di hari Jumat. Dengan demikian, anjuran membaca surah Al-Kahfi di hari Jumat sebagai bentuk pengingat mengenai hari terjadinya kiamat kelak.

Kedua, ada kesamaan antara kejadian di hari Jumat dan kejadian di hari kiamat yang banyak disebut dalam surah Al-Kahfi, yaitu manusia sama-sama berkumpul dalam satu tempat. Di hari Jumat manusia banyak berkumpul di masjid, sementara di hari kiamat manusia berkumpul di mahsyar.

Hikmah membaca surah Al-Kahfi di hari Jumat adalah karena surah Al-Kahfi menyebut hari kiamat dan kejadian-kejadian di dalamnya, dan kiamat akan terjadi di hari Jumat sebagaimana disebutkan dalam hadis Shahih Muslim. Juga kejadian kiamat memiliki kesamaan dengan Jumat, yaitu manusia sama-sama berkumpul. Wallahu a'lam bissawab. (mth234)

 

 

HIKMAH MEMBACA SURAT AL KAHFI PADA HARI JUMAT HIKMAH MEMBACA SURAT AL KAHFI PADA HARI JUMAT Reviewed by admin on Desember 23, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar