AMAL JARIAH YANG PAHALANYA TAK AKAN TERPUTUS MENURUT ISLAM

 

Foto by google

Dalam ajaran islam, ada dalil amal jariyah yang sudah sering kita dengar, yang isinya kurang lebih mengatakan bahwa ada amalan yang konon pahalanya tidak akan terputus walaupun si manusianya sudah meninggal. Amalan apa saja?

 

Sebelum kita bahas mengenai dalil amal jariyah tersebut, ada baiknya kita pahami dulu apa sih yang dimaksud amal jariyah?

Amal jariyah merupakan perbuatan baik yang mendatangkan pahala bagi yang melakukannya, meskipun ia telah berada di alam akhirat. Pahala dari amal perbuatan tersebut terus mengalir kepadanya selama orang yang hidup mengikuti atau memanfaatkan hasil amal perbuatannya ketika di dunia.

 

Dalil Amal Jariyah dalam Islam

 

Saat ada manusia yang meninggal dunia, maka terputus sudah amalannya kecuali tiga perkara, yaitui: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak yang sholeh. Hal ini jelas disebutkan dalam hadist tentang 3 amal yang tidak terputus pahalanya walaupun sudah wafat.

 

Hadist tersebut diriwayatkan dari Abu Hurairah ra dalam hadits riwayat Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda: "Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak sholeh yang berdoa baginya."

 

Dari hadist tersebut, ada tiga amalan yang dianggap sebagai bentuk amal jariyah, yaitu:

 

1.    1. Sedekah Jariyah

 

Sedekah jariyah adalah suatu pemberian dari seorang muslim pada orang lain yang lebih membutuhkan, tanpa batasan jumlah atau waktu. Bentuknya macam-macam, intinya adalah suatu hal yang manfaatnya berlangsung secara terus menerus, seperti wakaf tanah, buku-buku hingga lembaga-lembaga pendidikan seperti pesantren dan lain sebagainya. Pahala sedekah ini akan terus mengalir meskipun kita sudah wafat.

 

2.    2. Ilmu yang Bermanfaat

 

Menyebarluaskan ilmu serta pengetahuan yang bermanfaat, baik melalui pendidikan formal maupun nonformal, seperti diskusi, ceramah, dakwah, dan sebagainya. Hal lain yang termasuk dalam kategori ini adalah menulis buku yang berguna dan mempublikasikannya.

 

3.    3. Doa Anak Sholeh

 

Doa seorang anak pada kedua orang tuanya adalah sebuah tanda bakti yang masih bisa dilakukan seorang anak kepada orang tuanya yang telah meninggal dunia dan terus memberikan kebaikan pada orang tua. Doa seorang anak yang sholeh akan terus mengalir kebaikan, manfaat dan balasan kebaikannya bagi kedua orang tua saat amal-amal lainnya telah terputus. Wallahu a’lam bissawab. (mth234)

 

 

 

AMAL JARIAH YANG PAHALANYA TAK AKAN TERPUTUS MENURUT ISLAM AMAL JARIAH YANG  PAHALANYA TAK AKAN TERPUTUS MENURUT ISLAM Reviewed by admin on Januari 14, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar